Sunday 20 March 2011

Fenomena Supermoon di Sudut Jakarta

Beberapa hari ini kita dihebohkan dengan akan datangnya fenomena supermoon di langit bumi ini. Fenomena supermoon atau "lunar perigee" adalah fenomena dimana bulan berada pada posisi terdekat dengan bumi. Akibatnya bulan akan nampak lebih besar daripada bulan purnama yang terlihat biasanya.


sumber disini

Untuk wilayah Indonesia, peristiwa ini terjadi pada tanggal 20 Maret 2011 dini hari. Bulan hanya berjarak 221.567 mil atau 356.578 km dari bumi. Bulan akan terlihat 7 % lebih besar dari biasanya. Namun perbedaan itu akan tampak jelas bila dilihatnya menggunakan teleskop.

Supermoon menjadi semakin heboh setelah pemberitaan di media memberitakannya dengan gaya khas mereka masing-masing yang cenderung sama sih sebenarnya. Saya pun terkena imbasnya. Penasaran ingin tahu seperti apa fenomena alam yang katanya hanya akan terjadi 18 tahun sekali itu.

Niat yang menggebu ingin melihat supermoon membuat saya bertekad akan begadang. Tapi apa daya, baru jam 22.00 WIB saya sudah tertidur di depan televisi. Untung sekali sekitar jam 00.35 WIB saya terbangun. Dengan berbekal kamera poket kesayangan, saya pun keluar kamar dan mencari-cari fenomena yang ditunggu jutaan orang ini. Beruntung sekali langit sangat cerah, dan bulan purnama bersinar dengan sangat terangnya memamerkan keindahan ciptaan-Nya. Dari salah satu sudut jakarta saya abadikan fenomena 18 tahun sekali ini.


supermoon dari sudut jakarta

No comments:

Post a Comment

Assalamualaikum....