Wednesday 16 December 2009

Indonesia Masuk Final Piala Dunia ke 10 di Jerman

Indonesia ternyata pernah tampil di ajang Piala Dunia (World Cup) tahun 1974 di Jerman. Sungguh membanggakan. Meskipun baru diwakili oleh koin tercinta kita "Rupiah". Ini dia beritanya.

Bagi tim Indonesia tampil di Piala Dunia masih merupakan harapan. Namun tahukah Anda bahwa koin Indonesia pernah dipakai oleh wasit di final Piala Dunia 1974?

Menurut Guardian, koin tersebut dibuat secara khusus sebagai cendera mata oleh percetakan Bank Indonesia pada tahun 1974 dan hanya ada tiga buah. Wasit asal Inggris, Jack Taylor mendapat koin tersebut sebagai cendera mata atas kontribusinya di sepakbola.

Taylor kemudian mendapatkan kehormatan untuk memimpin pertandingan puncak Piala Dunia 1974 yang mempertemukan tuan rumah Jerman Barat dengan Belanda.

Taylor yang punya kesan mendalam terhadap koin yang cukup berat tersebut, kemudian menggunakannya untuk mengundi sebelum Jerman Barat dan Belanda melakukan kick off.

Taylor telah menjadi salah satu wasit legenda. Selama 33 tahun karirnya, Taylor telah memimpin lebih dari 1000 pertandingan, termasuk 100 pertandingan internasional di 60 negara. (Reky Herling Kalumata - detikSport).

No comments:

Post a Comment

Assalamualaikum....