Sunday 6 December 2009

Jangan Minum Air Sungai Mahakam

Kalimantan Timur memiliki sungai yang sangat terkenal yaitu Sungai Mahakam. Sungai ini mempunyai panjang sekitar 920 km membelah Kabupaten Kutai Barat di hulu hingga Kabupaten Kutai Karatanegara dan Kota Samarinda di hilir. Pada bagian hilir, sungai ini membentuk sebuah delta seperti kipas yang sangat khas dan terkenal dengan Delta Mahakam. Disinilah terkandung kekayaan alam yang sangat melimpah.

Dahulu, ketika saya masih SD sekitar awal tahun 90an, banyak tetangga yang merantau untuk bekerja ke Samarinda. Rata-rata mereka bekerja di perusahaan kayu. Orang-orang yang sudah berhasil, biasanya saat pulang kampung akan mengajak saudaranya untuk ikut mengadu nasib bersama di Samarinda. Setiap pulang mereka selalu membawa oleh-oleh yang banyak, dan tetangga kiri-kanan rumah mereka pasti kebagian termasuk saya. Pada zaman itu mereka sudah merasakan enaknya naik pesawat, sesuatu yang sangat mewah dan wah di kampung saya, dan merupakan salah satu indikasi kesuksesan.

Ada satu perkataan yang sangat saya ingat sampai sekarang dari para orang tua dulu yang mengomentari fenomena tetangga kami pada waktu itu. "Kalau pergi merantau ke Samarinda, dan masih ingin bisa kembali ke Jawa jangan sampai minum air Sungai Mahakam. Kalau sudah minum air Mahakam, meskipun bisa pulang ke Jawa, tapi pasti akan balik lagi ke Samarinda".
Apakah ini hanya mitos?

No comments:

Post a Comment

Assalamualaikum....