Tuesday 1 December 2009

Selamat Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1430 H

Alhamdulilah, saya masih bisa merasakan indahnya Idul Adha tahun ini yang dirayakan oleh ummat islam setiap tanggal 10 Dzulhijjah tahun Qomariyyah yang tahun ini adalah tahun 1430 Hijriyah. Idul Adha kali ini bertepatan dengan tanggal 27 November 2009.

Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, dimana saya selalu merayakan hari raya bersama keluarga di rumah, ada sesuatu yang berbeda pada peringatan hari raya ummat islam selain Idul Fitri tahun ini. Saya merayakannya bersama "keluarga baru" saya yang berasal dari berbagai suku bangsa, adat dan kebiasaan yang berbeda-beda.


Ya, perayaan Idul Adha tahun ini sungguh berkesan dan merupakan pengalaman yang sangat menakjubkan. Saya patut bersyukur, karena belum tentu semua orang bisa mengalami pengalaman seperti apa yang saya alami. Saya bersama sekitar dua ratusan orang yang kesemuanya adalah pria, melaksanakan sholat Idul Adha berjamaah di atas kapal. Kami dipertemukan di atas kapal ini oleh Allah. Kami adalah kru yang bertemu dan tergabung dalam salah satu pekerjaan seismik di Delta Sungai Mahakam Kalimantan Timur.

Jam 6 pagi kami sudah berkumpul di dok salah satu kapal tempat para mekanik biasa bekerja. Pagi-pagi sekali area tersebut sudah dibersihkan dan disiapkan untuk pelaksanaan Sholat Ied. Terpal digelar, pengeras suara dipasang, mimbarpun disiapkan. Takbir berkumandang di atas kapal, mengagungkan dan memuji kebesaran Allah swt. pemilik seluruh alam. Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar, Laa Ilaaha illallahu Allahu Akbar, Allahu Akbar wa lillahilhamdu. Hati pun bergetar. Mata berkaca-kaca. Sungguh manusia tiada apa-apanya dihadapan sang penguasa alam.


Dibuai ombak-ombak kecil, Sholat Ied didirikan. Diteruskan dengan Khutbah Ied yang meneduhkan hati, menjadi renungan dan bekal menapaki kehidupan. Akhirnya perayaan Iedul Adha pagi itu diakhiri dengan saling bersalam-salaman penuh kebahagiaan dan rasa persaudaraan.

No comments:

Post a Comment

Assalamualaikum....