Wednesday 6 April 2011

Ekspedisi Ranah Minang (2)

Ditengah-tengah pelukan rasa dingin yang terasa menyusup sampai ke sumsum tulang, terdengar panggilan paling merdu penggetar jiwa. Panggilan terhadap jiwa-jiwa yang terlelap untuk segera membasuh diri dan jiwa dengan usapan lembut penuh kasih-Nya. Sambil menahan dingin, saya basuh muka, tangan, sebagian kepala, telinga dan dua kaki.

Usai sholat, baca-baca buku dulu. Selang berapa menit, eh kok adzan lagi? Jangan-jangan disini adzan shubuhnya dua kali? seperti yang pernah saya alami di jepara dulu. Artinya, saya tadi sholat belum masuk waktu shubuh. Hmm... berarti harus diulang lagi nih.

Sebelum bertualang, sarapan dulu. Menu pagi itu adalah lontong pical. Isinya ketupat, mi, sayur kubis dan daun singkong lalu disiram sambal kacang, terakhir ditaburi remasan kerupuk. Sambal kacangnya seperti sambal pecel di Jawa, hanya saja kurang manis dan pedas untuk lidah saya. Tapi cukup kenyang dan lumayanlah untuk pengganjal perut di pagi hari.

Tujuan pertama saya hari itu adalah melihat ikan sakti Sungai Janiah. Disini terdapat sebuah kolam dengan ikan peliharaannya yang besar-besar. Tidak ada yang berani mengambil ikan disini. Bahkan mitosnya, kedalaman kolam ini tak terukur (mungkin karena belum pernah ada yang mengukur he...).

ikan sakti sungai janiah

Dari sini petualangan saya lanjutkan ke Lembah Harau di kabupaten yang mungkin terluas di Indonesia (hehe... cuman namanya aja kok) yaitu Kabupaten Lima Puluh Kota. Disini saya disuguhi pemandangan yang sangat menakjubkan, berupa tebing-tebing menjulang tinggi yang sangat indah dan menunjukkan sebagian kecil kebesaran-Nya. Tebing-tebing ini seperti menyeruak dari dalam bumi menyisakan sedikit ruang bagi manusia untuk tinggal di sela-selanya.

Lembah harau Kabupaten Lima Puluh Kota

Dari beberapa tebing ini, mengalir beberapa air terjun. Walaupun tidak terlalu deras dan besar seperti air terjun di malang, tapi cukup menyegarkan untuk dinikmati di tengah-tengah cengkeraman tebing-tebing nan perkasa ini.


Siang itu di sana

No comments:

Post a Comment

Assalamualaikum....